Powered By Blogger

Friday 21 June 2013

Solat tiang agama

Yang Pertama Akan Dihisab | Amal perbuatan yang berhubung dengan hak-hak Allah yang pertama sekali akan dihisab adalah solat berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam:

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ، فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ، وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ، فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ، قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ: انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ، ثُمَّ يَكُونُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ

“Sesungguhnya yang paling awal akan dihisab dari amalan para hamba di hari Kiamat adalah solatnya, jika baik solatnya maka akan baiklah seluruh amalnya. Jika buruk solatnya maka dia telah gagal dan rugi. Apabila kurang sempurna dari solat yang difardhukan, maka Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

“Lihatlah adakah hamba-Ku ini memiliki tathowwu’ (solat-solat sunnah) bagi menyempurnakan apa yang kurang dari yang difardhukan kemudian barulah dihisab amal-amalnya yang lain.” (Sunan At-Tirmidzi, no. 413. Sunan An-Nasaa’i, no. 465)

Adapun yang pertama kali akan dihisab dalam urusan yang berhubung dengan hak-hak sesama manusia adalah urusan darah, berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam:

أَوَّلُ مَا يُقْضَى بَيْنَ النَّاسِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِي الدِّمَاءِ

“Yang paling awal akan dihisab antara sesama manusia pada hari Kiamat adalah urusan darah.” (Shahih Al-Bukhari, no. 6864. Muslim, no. 1678)

No comments:

Post a Comment